FAKTA

• Kanker tidak menular dan kanker pada anak dapat diupayakan sembuh bila setelah ditemukan gejala maupun tanda-tandanya segera dilaksanakan pengobatan serta perawatan yang sebaik-baiknya.Estimasi Globocan 2002, kanker pada anak tidak lebih dari 2% dari jumlah semua kanker, namun merupakan penyebab kematian kedua pada anak di populasi.
Kematian terbanyak pada anak rentang 5-14 tahun.
Menurut data Sistim Registrasi Kanker di Indonesia (SriKanDI) tahun 2005-2007 menunjukkan bahwa estimasi insidens kanker pada anak (0-17 tahun) sebesar 9 per 100.000 anak-anak. Kasus kanker pada anak 4,7% dari kanker pada semua umur. Angka kematian akibat penyakit ini mencapai 50-60% karena umumnya penderita datang terlambat atau sudah dalam stadium lanjut.

• Saat ini belum diketahui secara pasti factor risiko dan penyebab kanker pada anak. Hal ini diduga merupakan interaksi dari 4 faktor
yaitu genetic, zat kimia, virus, radiasi.Oleh karena itu, penting bagi tenaga kesehatan mengetahui tanda-tanda serta gejala kanker pada anak. Berbeda dengan kanker pada anak, factor resiko kanker pada dewasa berhubungan dengan factor perilaku dan gaya hidup. Gejala kanker pada anak maupun bayi lebih sulit diketahui karena mereka belum mampu mengemukakan yang dirasakan. Peran orangtua, masyarakat, petugas kesehatan, kader, menjadi penting artinya untuk mengenali tanda-tanda dan gejala kanker pada anak sehingga kemungkinan untuk penanganan segera dan tingkat kesembuhan menjadi jauh lebih besar.

Merujuk pada berbagai kompleksitas permasalahan kanker pada anak tersebut, dibutuhkan upaya penanganan secara serius dengan strategi pendekatan yang menyeluruh dan terpadu berbasiskan komunitas melalui kerjasama berbagai pihak. Pada bulan Pebruari 2014 telah dikeluarkan panduan dari ICCCPO (International Confederation of Childhood Cancer Parent Organisations) dan di dukung oleh SIOP (International Society of Paediatric Oncology) dan UICC (Union for International Cancer Control) yang memberikan ilustrasi singkat/mudah bagi pengenalan tanda-tanda dan gejala kanker pada anak. YKAKI sebagai organisasi anggota ICCCPO sejak tahun 2007 telah mencetak ulang buku saku serta poster tsb. serta membagikannya  dalam setiap sosialisasi edukasi yang dilaksanakan YKAKI
    
Sejak Pebruari 2014 buku saku serta Poster ini telah digunakan secara universal oleh banyak organisasi anggota ICCCPO dari berbagai Negara. Kegiatan Sosialisasi Edukasi mengenai pengenalan tanda-tanda dan gejala kanker pada anak merupakan hal yang sangat penting dan menjadi salah satu program utama YKAKI.

Diharapkan melalui sosialisasi edukasi secara berkesinambungan di setiap pelosok, wilayah dan propinsi di Indonesia dengan tujuan agar dapat menurunkan atau mengurangi jumlah anak-anak yang datang dalam kondisi terlambat sehingga mempersulit pengobatan maupun penanganannya.

Sosialisasi Edukasi didukung oleh beberapa nara-sumber ahli di bidangnya antara lain bidang hematologi/onkologi anak, Spesialis syaraf (Neurologist), Spesialis Tulang (Orthopedi) dan Spesialis Mata Anak.
 
Tujuan SOS-EDU :
  1. Sosialisasi Edukasi yang diadakan oleh YKAKI ditujukan bagi masyarakat umum dari berbagai komunitas, antara lain sekolah, perusahaan-perusahaan, pabrik, fakultas, kader-kader Tim Penggerak PKK, Posyandu dll. YKAKI bersedia diundang untuk mengisi acara kesehatan secara khusus memperkenalkan mengenai kanker pada anak dengan minimum jumlah peserta/audiens 150 orang untuk wilayah Jabodetabek (di luar area tersebut dapat diundang dengan penyediaan akomodasi serta tiket perjalanan bagi narasumber).

    YKAKI menyelenggarakan Seminar Sehari terakreditasi IDI bagi dokter-dokter Puskesmas di berbagai wilayah / propinsi bekerjasama dengan Kantor Dinas Kesehatan Propinsi, Kantor Tim Penggerak PKK setempat, rumah sakit dan berbagai pihak yang terkait.

  2. YKAKI menyelenggarakan Pelatihan Keperawatan Kanker pada Anak setiap tahun bekerjasama dengan berbagai pihak yang terkait dari dalam negeri maupun luar negeri, pelatihan yang terakreditasi oleh PPNI (Persatuan Perawat National Indonesia (Indonesian National Nurse Association).
     
  3. Banyaknya kasis pasien datang dalam keadaan terlambat atau stadium lanjut.

Pelatihan tahunan ini bertujuan membantu meningkatkan kualitas perawat Indonesia khususnya dalam penanganan anak-anak yang menderita kanker di Indonesia.
                 
BAGAIMANA ANDA DAPAT MEMBANTU?

  • Anda dapat membantu men sponsori Program Sosialisasi Edukasi ini
  • Anda dapat menjadi narasumber pada Program Sosialisasi Edukasi ini

Informasi lebih lanjut dapat menghubungi kami di :
Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia
Jl. Percetakan Negara IX No. 10A, Rawasari, Jakarta Pusat
Telp. +62 21 4287 2556 - Fax. +62 21 421 6089
Hubungi Kesini

Anda juga dapat memberikan donasi ke :
Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia
No. Rek 267.300.9727 Swift Code: CENAIDJA
BCA KCP Cinere, Jln, Raya Cinere Blok A18-19, Jakarta 16512
BakrieUntukNegeri.pngKickAndyLogo.pngLogo_RSUP_FATMAWATI_Jakarta.pngRSUP-Prof-RD-KANDOU.pngRSUP-sardjito.pngRoche-logo.pngaksi-peduli-panadol.jpgalfamartku.pngalfamidi.pngbninew.pngbri.pnggaruda_indonesia.pngline_.pnglogo-RSUD-Dr-Soetomo.pnglogo-RSWS.pnglogo-express-taxi1.pnglogo-rsab.pnglogo_rs_hasan_sadikin.pnglogowerkgroup72.pngrs-kariadi.pngrscm.pngrspad.pngrumah-sakit-kanker-dharmais.pngzinkpower.png